Aplikasi-Classroom-Untuk-Belajar-Dari-Rumah-Saat-Pandemi

Jul 15, 2021 Aplikasi

Aplikasi Classroom Untuk Belajar Dari Rumah Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 yang terus berlanjut kini membuat segala kegiatan haruslah berasal dari rumah. Seperti bekerja, belajar, sekolah, maupun aktivitas lainnya yang biasanya dilakukan di luar rumah. Seperti bersekolah, biasanya menggunakan aplikasi Classroom untuk belajar daring dari jarak jauh.

Wabah Covid-19 yang masih terus melanda seluruh masyarakat di penjuru bumi, mengubah segala bentuk aktivitas, kebiasaan, dan pola kehidupan yang baru.

Pemerintah telah mengupayakan berbagai macam cara untuk berusaha menekan serta meminimalisir korban penularan akibat wabah virus yang berbahaya ini.

Baca Juga :

Pembatasan sosial dan pengurangan mobilitas di area publik menjadi satu-satunya cara agar dapat menekan tingkat penularan virus pada masyarakat. Sehingga sebagian besar kegiatan ini dilakukan dan dikerjakan dari rumah. Dampak adanya virus Covid-19 dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Para pekerja haruslah melakukan aktivitas Work From Home (WFH) dari rumah masing-masing untuk mengantisipasi adanya kondisi penularan antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya.

Selain itu, dampak buruk dari adanya masa pandemi seperti sekarang ini juga berimbas kepada perekonomian serta lingkungan pendidikan. Adanya kondisi ini, menghasilkan solusi bagi permasalahan yang ada. Lahirnya berbagai jenis aplikasi canggih untuk membantu mendukung terciptanya proses belajar mengajar dari rumah secara kondusif.

Beberapa aplikasi penunjang itu antara lain aplikasi Classroom untuk belajar, bank soal online, dan lain-lain. Ketidakmungkinan situasi dalam melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka seperti pada umumnya, membuat para pengajar dan pendidik melakukan berbagai macam cara agar siswanya tetap bersekolah meskipun harus melakukan segala proses pembelajaran dari rumah mereka masing-masing.

Google Classroom

Mengenal Aplikasi Classroom Untuk Belajar Dari Rumah

Google Classroom merupakan sebuah layanan gratis milik Google khusus untuk sekolah. Guna dari aplikasi yang satu ini bertujuan agar dapat menyederhanakan, mendistribusikan, serta menilai tugas dengan cara modern tanpa harus menggunakan kertas manual seperti biasanya.

Pengertian dan Manfaat Aplikasi Classroom Untuk Belajar

Tujuan dari lahirnya aplikasi belajar yang satu ini adalah sebagai media untuk merampingkan berbagai jenis file pada tugas yang guru berikan pada siswa.

Selain itu, juga adanya Google Classroom ini diharapkan supaya komunikasi antara keduanya terjalin jauh lebih baik. Semua yang guru butuhkan sebagai media pembelajaran sudah berada di aplikasi ini, seperti G-Suite yang paling populer, yakni document, spreadsheet, slide, Gmail, serta kalender yang terintegrasi ke dalam Google Classroom.

Aplikasi ini mudah sekali penggunaannya. Guru tinggal mengundang siswa ke dalam kelas menggunakan sebuah kode rahasia atau yang berasal dari domain sekolah. Hal yang tidak kalah penting, melalui platform ini, semua guru dapat memulai proses pembelajaran jarak jauh, mendistribusikan tugas, serta mengoreksinya dengan baik.

Cara Menggunakan Aplikasi Classroom Untuk Belajar Bagi Guru

Memulai proses pembelajaran maya dengan Google Classroom memanglah bukan perkara yang rumit. Hal yang terlebih dahulu dilakukan,  Anda diharuskan membuka situs laman web resmi milik Google Classroom. Lalu masuk atau login akun menggunakan alamat email yang Anda miliki.

Jika sebelumnya tidak memiliki alamat email, maka terlebih dahulu hal yang harus Anda lakukan adalah membuat akun email pada aplikasi Gmail di Google. Selanjutnya, klik icon (+), kemudian akan tersedia berbagai pilihan untuk Join Class ataupun Create Classs. Bagi para guru, silahkan mengklik pilihan Create Class. Jangan lupa buatlah nama kelas dengan mengisi form yang telah tersedia, lalu klik Create.

Setelah semuanya sesuai, selanjutnya Anda akan dibawa masuk ke halaman kelas. Kode kelas yang akan muncul pada setiap kelas bisa dibagikan kepada siswa agar mereka dapat bergabung. Setelah itu, Anda dapat memposting segala macam informasi, memberikan materi dalam bentuk file, maupun video dengan cara mengklik Add atau Post.

Untuk memberikan materi tugas bagi siswa, Anda tinggal mengklik pilihan Classwork. Mudah bukan cara menggunakan aplikasi Classroom untuk belajar ini? Terdapat berbagai macam pilihan tugas yang bisa guru berikan kepada siswa pada menu Classwork ini. Assignment dan Quiz Assignment.

Assignment sendiri merupakan sebuah fitur yang dapat memberikan tugas dengan cara mengerjakan soal yang diketik secara langsung pada form yang telah disediakan. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu seperti membuat rangkuman dan lain-lain. Anda juga dapat mengatur waktu kapan siswa harus mengerjakan tugas yang telah Anda berikan.

Cara Menggunakan Aplikasi Classroom Untuk Siswa

Terlebih dahulu Anda harus mengunduh aplikasi ini dari perangkat iOS atau Android sesuai dengan jenis ponsel yang Anda miliki. Setelah itu, login dengan menggunakan akun Gmail yang sudah terdaftar.

Jika semuanya sudah siap, maka langkah awal dari menggunakan aplikasi ini, yaitu mengunduhnya. Jika semua step sudah dilakukan dengan benar, maka akan muncul pilihan “Gabung Kelas” ataupun “Buat Kelas”.

Klik pilihan Gabung Kelas, kemudian masukkan tujuh angka kode yang telah guru berikan.

Jika sudah berhasil bergabung, tugas atau materi yang telah guru bagikan dapat Anda lihat pada menu “Stream atau Classwork”. Begitulah cara membuka serta menggunakan aplikasi Classroom untuk belajar bagi siswa.

Cara Mengirim Tugas Quiz Assignment pada Google Classroom

Anda juga dapat mengirim dokumen kepada guru ataupun membuat file sendiri serta melampirkannya. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Classroom untuk belajar,  lalu pilih Google Classroom Dashboard.

Kemudian masuk ke menu Classwork > Assignment, lalu tinggal klik formulir dan jawab pertanyaannya. Setelah itu, Anda tinggal klik pada pilihan Kirim, lalu tandai yang sudah selesai serta wajib untuk Anda konfirmasikan. Tugas akan secara otomatis memiliki tanda turned in.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Classroom Untuk Belajar

Menggunakan Google Classroom membuat guru dapat membuat kelas maya dengan mengajak siswanya bergabung ke dalam kelas. Seperti proses belajar mengajar yang sesungguhnya, di sana guru juga dapat menyampaikan materi serta siswa belajar dengan baik. Materi pembelajaran ini dapat dikirim berupa file maupun video.

Terdapat berbagai macam manfaat dengan adanya penggunaan aplikasi ini sebagai media penunjang proses belajar mengajar. Salah satunya adalah membuat sistem pembelajaran menjadi lebih efisien serta dapat menghemat waktu juga tenaga dan biaya yang jauh lebih ekonomis.

Dengan adanya pembelajaran daring, jarak antar siswa dan guru hanya tidak lagi terasa jauh. Aplikasi Google Classroom yang mudah untuk siswa maupun guru gunakan membuat proses pembelajaran dapat dengan mudah dan berlangsung lancar.

Selain itu, hematnya waktu dalam penggunaan aplikasi ini membuat proses belajar daring dari rumah terasa lebih cepat, bebas hambatan,  juga proses pembagian dokumen menggunakan file akan memakan waktu yang lebih singkat daripada harus membagikan dokumen secara fisik satu per satu.

Pemanfaatan aplikasi Classroom untuk belajar memang memiliki banyak keuntungan bagi guru maupun murid. Namun yang perlu untuk Anda ingat, waktu belajar tetaplah harus seimbang dengan kegiatan yang lain agar pola kehidupan tetap berjalan sebagaimana mestinya dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :

SHARE NOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *