Oppo Reno 6 Andalkan Computational Photography, Intip Spesifikasinya

Jul 15, 2021 Aplikasi & Gadget

Oppo Reno 6 Andalkan Computational Photography, Intip Spesifikasinya

Dalam waktu dekat Oppo Reno 6 akan segera memasuki pasar Indonesia. Peluncuran ponsel canggih tersebut akan diumumkan melalui virtual pada 15 Juli. Mendekati waktu peluncurannya, Oppo Indonesia mengungkapkan sejumlah fitur baru yang ditawarkan ponsel tersebut. Hampir sama dengan seri Reno sebelumnya, Reno 6 masih mengunggulkan sektor kamera untuk membantu pengguna berkreasi dengan fitur foto. Aryo Meidianto, Public Relations Manager Oppo Indonesia, mengklaim Reno 6 adalah ponsel pertama dengan fitur video yang mengandalkan Computational Photography.

Baca Juga :

Computational Photography merupakan teknologi yang memungkinkan ponsel dapat mempercantik hasil pengambilan video. Bahkan ketika sedang melakukan perekaman sekalipun, jadi hasil video ini bisa lebih baik lagi tanpa melalui proses editing tambahan. Guna memaksimalkan hasil video, Computational Photography memanfaatkan teknologi AI deep learning dengan dipadu algoritma pemrosesan gambar yang di perbarui tentunya.

Andalkan Computational Photography, Intip Spesifikasi Oppo Reno 6 Selengkapnya

Dalam konferensi pers virtual Oppo Reno 6 Imaging Workshop, Aryo menjelaskan mengenai apa itu Deep learning. Sistem Deep Learning memungkinkan ponsel bisa mengidentifikasi bagian gambar mana yang berisi subjek. Selain itu juga bisa menganalisis posisi dan hubungannya dengan latar belakang.

Sistem ini bisa mempelajari sejumlah parameter dalam video yang mencakup beberapa hal. Seperti depth of field, postur tubuh obyek, cahaya dan angle, objek lingkungan lain semacam langit, bayangan, air, awan, dan lainnya. Dari situ maka sistem bisa mengenali elemen mana yang termasuk objek bergerak atau yang bukan.

Tak hanya itu saja, sistem tersebut juga bisa memaksimalkan hasil rekaman video menjadi lebih tajam, terang, serta memiliki warna natural. Aryo mengklaim bahwa Oppo Reno 6 mampu melakukan seluruh pemrosesan video tersebut dalam sekejap saja. Karena proses Deep Learning, pengoptimalan video, rendering tingkatan piksel dan algoritma lainnya bisa dilakukan dalam hitungan sepersekian detik secara akurat.

Fitur Video

Fitur Video oppo reno 6

Oppo membekali sejumlah fitur video pada ponsel canggih ini, meliputi Portrait Beautification Video, Bokeh Flare Portrait dan AI Highlight Video. Beberapa fitur ini memiliki kelebihannya masing-masing dalam menghasilkan video yang menarik. Sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan proses editing, cukup menggunakan fitur yang ada hasil video sudah luar biasa.

AI Highlight Video merupakan fitur yang memungkinkan perekaman sebuah video memiliki hasil tingkat cahaya serta detail yang bagus. Hal ini berdasarkan kondisi seperti apa perekaman saat itu berlangsung. Misalnya ketika malam hari, Reno 6 diklaim bisa meningkatkan kecerahan video hingga mencapai 40,2 persen.

Sementara Fitur Bokeh Flare Portrait memungkinkan pengguna bisa merekam video portrait berlatar belakang sinematik yang ciamik. Sedangkan fitur Portrait Beautification bisa menghasilkan wajah pengguna lebih cantik tanpa memerlukan efek yang berlebihan. Tentu saja berbagai fitur ini akan dengan mudah menarik perhatian pecinta Oppo di Tanah Air.

Belum diketahui hardware apa yang digunakan untuk menunjang performa sistem Computational Photography dalam perekaman video. Namun yang pasti ponsel ini mengusung konsep yang berbeda dengan Oppo Reno versi sebelumnya. Bahkan hardware Reno 6 diklamin akan berbeda 1 juta persen dengan yang ada di luaran sana.

Layar

Layar Oppo Reno 6

Oppo Reno 6 memiliki bentang layar berukuran cukup besar, yaitu 6,4 inci dengan panel AMOLED. Dengan ukuran layar sebesar ini mampu memanjakan penggunanya dalam mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya. Layar tersebut juga didukung dengan refresh rate 90 Hz serta 180 Hz touch sampling rate.

Reno 6 berupaya meningkatkan teknik Reno Glow dengan lima lapisan Diamond Spectrum. Lapisan tersebut diklaim bisa memancarkan hingga berjuta-juta warna. Kualitas ini lebih tinggi berkali-kali lipat dari warna yang dihasilkan dari tiga lapisan Diamond Spectrum pada Oppo Reno generasi sebelumnya.

Diamond Spectrum atau teknik pewarnaan ini mampu memproyeksikan berjuta warna pada ponsel saat melihatnya dari sudut yang berbeda. Kelima lapisan yang ada dalam ponsel tersebut memiliki peranan yang berbeda. Misalnya saja lapisan reflektif yang bisa menghasilkan serangkaian warna layaknya pelangi.

Lapisan lensa fresnel yang memungkinkan memproyeksikan spektrum warna yang beragam. Terdapat pula lapisan terakhir transparan yang dapat memperkuat banyak refleksi warna di lapisan sebelumnya. Efek inilah yang bisa menciptakan sentuhan terbaru melalui sebuah ukiran laser yang lebih padat. Sehingga bisa menciptakan lebih banyak sudut reflektif pada tampilan belakang ponsel.

Desain

Desain oppo reno 6
Desain Oppo Reno 6 tampak samping dan tampak atas bawah

Oppo hingga saat ini masih mempertahankan desain perangkat yang ringan dan ramping, termasuk Reno 6. Ponsel ini memiliki ketebalan 7,8 mm dengan berat sekitar 173 gram. Lebih bongsor dari daripada Reno 4 dan Reno 5. Hal ini lantaran teknik pewarnaan Reno Glow yang menjadikan bodi Reno 6 menjadi lebih terlihat gemuk.

Reno glow yang terlihat gemuk ini merupakan teknik pewarnaan yang menjadi ciri khas Oppo dengan efek kilauan pada punggung ponsel sehingga terlihat lebih halus tentunya. Tak hanya bisa mempercantik bodi, namun teknik ini bisa mencegah munculnya bekas sidik jari yang sering menempel pada punggung. Teknik ini digunakan untuk memoles Reno 6 dalam dua varian warna, yaitu Stellar Black dan Aurora.

Performa & Penyimpanan

Oppo Reno 6 akan hadir dengan menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Sementara pada kapasitas penyimpanan ponsel ini memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 dengan ditunjang teknologi ekspansi RAM. Dengan kata lain, ketika ponsel kehabisan ruang RAM. Maka penggunanya sangat mungkin untuk bisa mengubah sebagian dari ROM yang tersedia menjadi RAM virtual.

Pengguna juga bisa menyesuaikan hingga tiga tingkat ukuran ekspansi. Artinya dalam RAM 8GB bisa dilengkapi dengan memori tambahan sebesar 2GB/3GB/5GB. Hal ini menjadikan Oppo Reno 6 bisa beroperasi dengan lancar meskipun menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Baterai

kapasitas baterai dengan fitur fast charging 50W

Selanjutnya, Oppo Reno 6 juga hadir dengan baterai dengan kapasitas cukup besar, yakni 4.130 mAh. Baterai tersebut juga didukung dengan fitur fast charging 50W. Oppo mengklaim hanya memerlukan waktu 45 menit saja untuk mengisi daya hingga 100%. Menariknya lagi, untuk pengisian daya selama 5 menit bisa mencukupi untuk memutar video selama 3 jam.

Kamera

Pada sisi kamera, ponsel ini hadir dengan 4 kamera utama yang mana pada bingkainya tertulis 64 MP Quad AI Camera. Dengan main kamera bukaan F/1.7, 8MP 119 derajat Wide Angle Camera F/2.2. Kemudian, 2MP kamera makro (4cm) F/2.42, juga 2MP kamera mono F/2.4.

Lalu untuk kebutuhan selfie, ponsel ini hadir dengan punch hole beresolusi 44 MP f/2.4. Tentu saja resolusi sebesar ini akan menghasilkan kualitas gambar yang baik. Reno 6 juga memasang sistem pendingin Multy-Cooling System untuk membantu agar ponsel tidak cepat panas. Yang terutama ketika pengguna menghabiskan waktu seharian untuk bermain game.

Dengan begitu pengguna tetap bisa melanjutkan bermain game tanpa khawatir ponsel semakin panas. Lebih lanjut, Oppo Reno 6 menjalankan sistem operasi Android 11 yang dilapisi antarmuka Color OS 11.1. Sayangnya mengenai harga, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun yang pasti informasi harga serta pemesanan akan di umumkan pada tanggal peluncuran, yaitu 15 Juli 2021. Nantikan informasi selanjutnya seputar gadget terbaru dan semoga bermanfaat!

Baca Juga : Samsung Galaxy Z Fold 3, Inilah Bocoran Spesifikasinya

SHARE NOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *