Jul 16, 2021 Aplikasi & Gadget

Samsung Galaxy S21 FE Akan Segera Rilis, Intip Bocoran Spesifikasinya

 Samsung Galaxy S21 FE

Setelah kemunculan berbagai rumor mengenai kehadiran ponsel flagship versi murah, akhirnya peluncuran Samsung Galaxy S21 FE mendekati kenyataan.

Misalnya, Galaxy s20 FE yang mana telah rilis pada tahun 2020 lalu, maka ponsel ini bisa memberikan salah satu bagian menarik yang berasal dari deretan Galaxy S21.

Seperti diketahui, Galaxy S21 FE akan hadir dengan harga yang lebih terjangkau dari seri Galaxy S21. Hal ini menjadikannya sebagai ponsel hybrid kelas menengah/premium.

Sayangnya, Samsung hanya akan memasarkan ponsel canggih ini di beberapa pasar saja, tidak untuk seluruh dunia.

Berbicara mengenai Galaxy S21 Fan Edition (FE), calon pewaris sukses S20 FE ini dipastikan akan segera rilis. Pasalnya sempat beredar rumor bahwa ponsel ini krisis chip, hingga muncul dugaan mengenai penangguhan produksi.

Namun mengenai kapan pasti saat peluncuran tersebut, hingga kini belum bisa dipastikan meskipun ada yang menyebutnya pada bulan Agustus 2021.

Baca Juga : Samsung Galaxy Z Fold 3, Inilah Bocoran Spesifikasinya

Akan Segera Rilis, Berikut Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE

Berbagai rumor yang mengenai pemberhentian produksi Galaxy S21 FE, karena terkendala masalah chipset segera dibantah oleh vendor ponsel Korea Selatan.

Pihak Samsung belum membuat keputusan untuk menghentikan produksi ponsel canggih ini, seperti isu yang terlanjur beredar.

Namun pihaknya juga belum menyatakan secara tegas bahwa produksi masih berlanjut, meskipun beberapa bocoran sudah terkuak ke publik.

Rumor tersebut berawal dari salah satu pemberitaan dalam warta ETNews. Pemberitaan tersebut juga menyebutkan bahwa chipset Qualcomm sudah disiapkan, dialihkan untuk disematkan ke Samsung Galaxy S21 FE.

Namun pemberitaan mengenai pemberhentian produksi Galaxy S21 FE tersebut kini sudah dihapus.

Bahkan baru-baru ini, pembocor gadget Evan Blass memamerkan sejumlah foto hasil render 3D. Dalam foto tersebut terlihat seolah menampakkan bagian depan dan belakang sebuah ponsel yang diduga merupakan Galaxy S21 FE.

Bocoran tersebut memperlihatkan bahwa ponsel canggih ini masih memiliki desain yang senada dengan generasi sebelumnya yaitu Galaxy S21.

Kamera

Berdasarkan bocoran yang beredar, Samsung Galaxy S21 FE akan terlihat hampir sama seperti Galaxy S21.

Memiliki 3 kamera, dengan main camera 32 MP, lalu 12 MP, dan 8 MP. Namun belum diketahui jenis sensor yang akan digunakan. Bocoran lain juga mengungkapkan ponsel ini akan hadir dengan kamera selfie beresolusi 12MP.

Memang belum banyak bocoran mengenai spesifikasi bagian kamera ini. Namun jika melihat resolusi yang ditawarkan, kemampuan lensa Samsung Galaxy S21 FE terlihat cukup memadai.

Terlebih untuk sekedar kebutuhan selfie, resolusi sebesar 12 MP sangat mampu menghasilkan hasil foto berkualitas.

Baterai

Beralih ke sisi baterai, ponsel ini akan muncul ke pasaran dengan berbekal kapasitas 4500mAh. Digadang-gadang, dengan kapasitas baterai sebesar itu juga mendapat dukungan pengisian cepat 25W, 15W wireless charging, dan 4.5 reserve wireless charging.

Awalnya Samsung menawarkan opsi pengisian daya 45W pada Galaxy S20, namun pada ponsel ini hanya memaksimalkan hingga 25W saja.

Pengajuan sertifikasi 3C baru-baru ini juga membuktikan adanya peningkatan pada spesifikasi Galaxy S21 FE. Pengarsipan basis data 3C ini sebenarnya untuk pengisian daya kota S21 FE – EP-TA800.

Namun jika dilihat dari segi pemakaian baterai. Samsung Galaxy S21 FE diharapkan bisa menyamai pendahulunya, yaitu Galaxy S20 dan Galaxy S21.

Pasalnya dalam pengujian baterai, S21 bisa bertahan hingga 9 jam 53 menit. Kemudian turun menjadi 6 jam 31 menit dengan mengaktifkan kecepatan refresh adaptif. Sementara S20 juga meningkatkan kualitas pada baterai.

Desain dan Layar

Rumor yang beredar, Samsung Galaxy S21 FE akan hadir lebih tinggi 4mm dan lebih lebar 3.3mm dari pada Galaxy S21.

Meski demikian untuk ketebalan keduanya masih memiliki ukuran yang sama. Hal ini mengartikan bahwa Galaxy S21 FE memiliki layar yang lebih besar (6.4 inci) dari layar S21 (6.2) inci.

Sementara pada bagian bodi, ponsel ini juga mirip dengan Galaxy S21 yaitu berbalut kaca dengan bingkai berbahan logam.

Baik S21 dan S21+ juga sama-sama memiliki layar Full HD+ dengan kecepatan refresh variabel 120Hz. Bahkan Galaxy S20 FE juga mempertahankan kecepatan refresh 120Hz dari seri Galaxy S20.

Hal ini memungkinkan Galaxy S21 FE akan menawarkan kecepatan refresh yang lebih cepat dari pendahulunya.

Penyimpanan

Galaxy S21 FE diketahui memiliki kapasitas penyimpanan yang sama seperti pendahulunya, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/ 256 GB.

Namun pada ponsel ini sudah mendapat dukungan penggunaan microSDXC, berbeda dengan Galaxy S21 yang tidak memiliki dukungan ini. Jelas saja spesifikasi ini menjadikan Galaxy S21 FE lebih unggul.

Lebih lanjut, ponsel ini dikabarkan akan hadir dengan membawa varian Snapdragon 888 terbatas pada pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara pada pasar yang tersisa akan menyematkan varian Exynos 2100. Masih belum jelas mengenai pasar mana saja yang mendapat versi Exynos 2100 pada Samsung Galaxy S21 FE.

Meskipun kinerjanya tidak jauh berbeda, namun akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen yang tidak mendapat versi Snapdragon 888.

Seperti kita ketahui, keputusan tersebut akibat krisis chip yang melanda dunia. Bahkan hampir membatalkan proses produksi ponsel ini.

Baca Juga : Vivo S10 Pro, Mengusung Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G

Harga dan Warna

Mengenai harga, Samsung Galaxy S21 FE diperkirakan akan dibanderol dengan harga kisaran $630-$720 atau sekitar 700.000 – 800.000 Won di Korea.

Harga ini tampaknya sedikit lebih murah daripada harga yang beredar di pasar Amerika Serikat, yaitu kisaran $640 – $ 749. Meskipun berpotensi memiliki harga lebih tinggi dari S20 FE di operator Amerika.

Namun Galaxy S21 FE dengan memori teratas yaitu 8GB diharapkan juga tersedia untuk publik Amerika Serikat. Tak seperti S20 FE yang pada penyimpanan teratas hanya bisa diakses oleh konsumen Asia dan Eropa.

Beralih ke warna, berdasarkan bocoran yang telah beredar Samsung Galaxy S21 FE akan hadir dengan membawa 4 warna. Seperti hijau muda, putih, abu-abu dan ungu,

yang mana semua warna itu sama dengan warna Galaxy S21 kecuali hijau muda.

Peningkatan yang Akan Dilakukan

Mengingat beberapa konsumen mengeluh lantara Galaxy S21 berpotensi terlalu panas. Bahkan ada beberapa yang sudah mengeluh mengenai headset yang menjadi hangat dan tidak nyaman.

Maka Samsung Galaxy S21 FE akan melakukan peningkatan agar kejadian serupa tidak terjadi pada ponsel ini.

Sementara jika melihat pada bagian belakang Galaxy S20 FE masih menggunakan bahan plastik.

Maka lain halnya dengan ponsel canggih ini yang akan hadir dengan bagian belakang berbahan logam dan kaca.

Tentu saja ini bukan hal yang aneh mengingat banyaknya permintaan konsumen mengenai peningkatan kualitas ini.

Informasi yang beredar dalam daftar regulator Cina TENAA, nampaknya sudah mengkonfirmasi sejumlah kebocoran. Hal ini terkait dengan model SM-G990B yang diduga kuat merupakan Samsung Galaxy S21 FE.

Dengan asumsi nomor tersebut, bisa kita ketahui bahwa S21 FE ini akan hadir dengan teknologi jaringan 5G dan menjalankan sistem Android 11.

Hal ini merupakan langkah Samsung untuk menyempurnakan model 4G sepenuhnya.

SHARE NOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *