Samsung-Galaxy-Z-Fold-3-Inilah-Bocoran-Spesifikasinya

Jul 15, 2021 Aplikasi & Gadget

Samsung Galaxy Z Fold 3, Inilah Bocoran Spesifikasinya

timlo.net

Samsung Galaxy Z Fold 3 mengikuti Fold 2 yang secara resmi rilis pada Agustus 2020. Secara krusial, ponsel meningkat pada masalah ketahanan dan mendapatkan layar depan yang jauh lebih besar.

Kemudian, Samsung melengkapi Galaxy Fold 3 dengan pena stylus pada Galaxy Z Fold 3 yang sebelumnya juga hadir di smartphone seri Note.

Fitur ini telah terungkap dari sebuah dokumen yang  Samsung daftarkan ke otoritas Amerika Serikat, FCC selanjutnya memberikan perizinan akan beredarnya perangkat elektronik tersebut.

Selain Galaxy Z Fold 3, Z Flip 3 juga akan meluncur secara bersamaan pada Agustus 2021.

Menurut kabar yang beredar, ponsel ini akan rilis di acara Galaxy Unpacked 2021 pada tanggal 3 Agustus mendatang. 

Namun, hingga saat ini Samsung belum memberikan pengumuman secara resmi kapan smartphone tersebut akan rilis. Jika rumor tersebut benar, maka Galaxy Z Fold 3 sebagai ponsel lipat Samsung akan segera terungkap.

Baca Juga : Oppo Reno 6 Andalkan Computational Photography, Intip Spesifikasinya

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3

Kemungkinan Samsung akan melakukan banyak perbaikan pada spesifikasi dan fiturnya. Rumor yang beredar menyatakan jika peningkatan yang lebih spesifik adalah penggunaan stylus S Pen. 

Diharapkan Galaxy Z Flip 3 juga menggunakan stylus S Pen. Mengingat Samsung tidak akan merilis ponsel Note pada tahun 2021 ini. Samsung Galaxy Z Fold 3 memakai nomor model SM-F926U.

Desain dan Tampilan

Spesifikasi pada Galaxy Fold 3 menunjukkan terdapat tiga kamera pada bagian belakang.

Kemudian mengemas dalam nuansa hitam, hijau, perak, dan krem. Disisi lain bocoran berita juga menyebutkan jika Samsung akan menyematkan S Pen dan kamera di bawah layar. 

Untuk kamera punch hole terdapat di layar sampul. Samsung Galaxy Z Fold 3 akan mempunyai sisi aluminium datar, terlindung oleh Gorilla Glass Victus. 

Smartphone ini rupanya memiliki layar lipat 7.5 inci AMOLED 120Hz dan layar penutup 6,2 inci. Sementara untuk dimensinya 158,1 x 64,8 x 14,5 mm dan 158,1 x 128,1 x 6,6 mm saat posisi terlipat.

Lebih menariknya lagi, ponsel dapat terlihat dari berbagai sudut hingga GIF 360 derajat. 

Bobot Z Fold 3 kemungkinan sekitar 13 gram lebih ringan daripada Z Fold 2, yaitu sekitar 269 gram.

Jadi sangat masuk akal apabila ada bocoran jika baterai yang digunakan mungkin akan lebih kecil.

Ponsel dari Samsung ini juga mempunyai perangkat IP yang berarti tahan terhadap air dan debu. 

Fakta baru mengatakan jika Samsung mendaftarkan merek dagang Armor Frame.

Sehingga kemungkinan untuk Samsung Z Fold 3 ini akan menggunakan bingkai luar yang sangat kuat dari titanium atau karbon. 

Pada bagian bawah body, Samsung bekerja dengan tombol yang bisa dilipat tanpa adanya tombol fisik.

Jadi, input akan ditangani oleh gerakan, gesek pada tombol kapasitif yang terpasang di bagian casing. 

Kamera

Salah satu fitur terbaik dari Samsung Galaxy Z Fold 3 ini adalah adanya kamera dalam layar. Lalu akan ada tiga kamera yang hampir mirip Z Fold 2.

Untuk kamera utama  12 MP, f/1.8, 26mm (lebar), 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto) menawarkan zoom optik 2x, dan 12 MP, f/2.2, 123 derajat, 12mm (ultrawide).

Salah satu perbedaanya adalah kamera depan 16 MP (lebar) di layar yang bisa terlipat. kemudian akan tampak di bawah layar. 

Fitur yang tersedia adalah HDR dengan kemampuan video [email protected], [email protected], dan gyro-EIS.

Baterai

Baterai yang tertanam pada Z Fold 3 adalah 2.380 mAh, lebih kecil atau turun dari 4.500 mAh dari Z Fold 2.  Tipe baterai Li-Polymer dan tidak dapat dilepas. 

Namun menurut sumber lain, baterai untuk ponsel Galaxy Z Fold 3 telah mendapat sertifikasi dan masuk pada 4.275 mAH. yang lebih kecil. Kemudian terdapat fast charging 25W.

Fitur dan Konektivitas

Fitur yang paling mencolok adalah adanya dukungan S Pen-stylus yang sama dalam keluarga Samsung Galaxy Note 20 dan Galaxy Tab S7 Plus.

Untuk kompatibilitas S Pen ini, Samsung mempercayakan gagasan Galaxy Z Fold 3 untuk bekerja dengan stylus perusahaan. Sehingga terdapat beberapa perubahan tampilan untuk mendapatkan fungsionalitas stylus. 

Pertama, Samsung bisa mengalihkan teknologi layar dari electromagnetic resonance (EMR) menjadi active electrostatic solution (AES).

Kemudian mendaftarkan input stylus yang lebih baik. Selanjutnya kaca ultra tipis (UTG) diharapkan akan dua kali lebih tebal daripada Z Fold 2, dari 30 mikrometer menjadi 60 mikrometer.

Rumor lain menyebutkan jika seri Z Fold akan berkombinasi dengan seri Note. Sehingga akan membuat satu lini ponsel lebih berfokus pada produktivitasnya.

Lalu akan menghadirkan ponsel flagship Samsung hanya untuk seri S dan lini Z Fold yang dapat dilipat stylus-packing. 

Dengan demikian, jajaran Samsung seri Note akan dihentikan. Hal ini merupakan berita yang menyedihkan bagi para penggemar Note. 

Fitur baru yang terdapat di Z Fold 3 adalah aplikasi untuk memantau kesehatan. Karena paten menunjukkan jika kemungkinan mempunyai EKG dan monitor tekanan darah.

Selain itu ponsel lipat ini akan mendapatkan strip cahaya di engselnya. Pada engsel terdapat tulisan Galaxy Fold 3 seperti yang ada pada pendahulunya. 

Pada sektor konektivitas tertanam Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, GPS berupa A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, NFC, dan USB Type-C 3.2.

fitur Sensor Sidik Kemudian terdapat sensor sidik jari yang terpasang di samping, accelerometer, gyro, proximity, compass dan barometer. Selain itu ada perintah dan dikte bahasa alami Bixby.

Performa

Samsung Galaxy Z Fold 3 setidaknya akan mempunyai dua varian RAM dan penyimpanan internal. Untuk memori internal 256 GB/12 GB RAM dan 16 GB/512 GB. Samsung tidak membekali smartphone ini dengan penyimpanan eksternal atau slot kartu.

Selanjutnya, ponsel akan menjalankan chipset Snapdragon 888 atau Exynos 2100. Lalu berpadu dengan Android 11 dan berlapis dengan One UI 3.5 Samsung. 

Nah untuk CPU-nya tentunya menggunakan Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680). Lalu kemudian mendukung GPU Adreno 660 untuk kebutuhan grafis.

Harga dan Ketersediaan

Sebuah rumor baru-baru ini sudah menempatkan tanggal peluncuran dari Galaxy Z Fold 3 pada bulan Agustus. Hal tersebut sangat masuk akal, mengingat terdapat celah untuk mengisi Note 21.

Terdapat dua tipster yang mengatakan tanggal peluncuran 3 Agustus, sedangkan yang lain 11 Agustus.  Komponen untuk smartphone memasuki produksi massal bulan Juni.

Kemudian terdapat saran untuk peluncurannya sekitar 2 hingga 3 bulan kemudian. Tampaknya ponsel tersebut telah bergulir dari lini produksi. 

Samsung Galaxy Z Fold 3 mampu menjalankan One UI 3.5. Z Fold 3 kemungkinan bukanlah Samsung foldable berikutnya, karena kita juga akan melihat peluncuran Samsung Galaxy Z Flip 3 lebih dulu.

Mengingat jadwal rilis antara mereka kemungkinan bergantian. 

Adapun harga yang dibanderol pada Galaxy Z Fold 2 adalah $ 1.999, jadi untuk Z Fold 3 akan lebih tinggi lagi.  Namun  SamMobile mengatakan hal lain yang menunjukkan jika Galaxy Z Fold 3 bisa 20% lebih murah daripada pendahulunya. 

Berarti harga Samsung Galaxy Z Fold 3 sekitar $ 1.600 hingga  $ 1.745. Kemudian berdasarkan bocoran yang ada, kemungkinan kehadirannya bersamaan dengan Samsung Galaxy Watch 4.

Nah, tadi itu sekilas bocoran spesifikasi Samsung galaxy z fold 3 ya guys! Selamat menunggu.

Baca Juga:

SHARE NOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *